Macam-Macam Darah Tinggi

Setelah melakukan konsultasi dengan dokter, penderita tekanan darah tinggi dan dokter akan menentukan suatu tujuan yang hendak dicapai berdasarkan kondisi kesehatan penderita hipertensi. Tujuan utamanya menurunkan tekanan darah sehingga bisa menunda atau mencegah berbagai komplikasi yang mungkin muncul seperti serangan jantung, stroke, kebutaan dan gagal ginjal. Untuk mencapai target diperlukan kepatuhan mengikuti gaya hidup sehat dan rutin minum obat.

Mengendalikan tekanan darah agar tetap normal tidaklah mudah. Ada saja hal yang mengakibatkan tujuan pengobatan hipertensi tidak tercapai. Gaya hidup sehat ditinggalkan dan obat sering diabaikan. Akibatnya tekanan darah justru semakin meningkat, dan target tidak tercapai sehingga menyebabkan frustasi. Kondisi ini dialami sekitar 40% penderita hipertensi dan sebagian besar penderita berusia lebih dari 60 tahun.

Penderita yang kesulitan mencapai target tekanan darah yang telah ditetapkan, sekalipun telah minum 3 jenis obat dosis penuh, termasuk jenis diuretik artinya menderita hipertensi resisten. Obat diuretik yaitu obat yang berfungsi mendorong ginjal mengeluarkan lebih banyak natrium melalui air kencing dibandingkan kondisi normal. Tekanan darah diastolik penderita hipertnsi resisten biasanya tetap diatas angka 90 mmHg.

Kesulitan menurunkan tekanan darah bukan berarti tekanan darah tidak pernah turun. Berikut beberapa penyebab hipertensi resisten yang sering ditemukan :

1. Cara Pengukuran

Pengukuran yang tidak akurat bisa saja terjadi. Misalnya tekanan darah meningkat hanya terjadi di ruang praktik dokter. Cara mengatasi masalah ini dengan memakai alat pengukur tekanan darah di rumah atau ambulatory blood pressure monitor (ABPM). Hasil pengukuran tekanan darah tampak lebih tinggi (pseudohypertension) bisa juga disebabkan rusaknya arteri akibat arteriosklorosis.

2. Pengobatan dan Obat-Obatan

Dosis obat diuretik yang tidak mencukupi sering menjadi penyebab hipertensi resisten. Penderita dan dokter perlu mengevaluasi dosis obat atau kombinasi obat yang diberikan agar pengobatan lebih efektif. Yang penting, penderita harus tertib minum obat. Jika tidak, pengobatan dan obat-obatan yang diberikan akan sia-sia.

3. Kelebihan Cairan

Cairan yang berlebihan akan menyebabkan tekanan darah sulit dikendalikan. Penyebabnya adalah terlalu banyak asupan garam atau natrium atau adanya penyakit ginjal. Untuk mengatasinya, coba batasi konsumsi garam. Bagi penderita ginjal biasanya diberikan obat loop diuretic.

4. Gaya Hidup

Pola hidup tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, obesitas, kurang olahraga atau makan makanan tidak sehat mempengaruhi tekanan darah

5. Kondisi Kesehatan Lain

Beberapa gangguan kesehatan membuat tekanan darah tinggi semakin memburuk, seperti sleep apnea atau penyakit ginjal.

Krisis Hipertensi

Selain hipertensi resistensi, dikenal juga krisis hipertensi, yaitu kenaikan tekanan darah yang sangat tinggi sehingga memicu stroke. Tekanan darah di atas 180/110 mmHg tergolong sangat ekstrem sehingga bisa merusak pembuluh darah. Pembuluh darah akan meradang dan mengucurkan darah. Kondisi ini menyebabkan jantung tidak mampu lagi mempertahankan sirkulasi darah yang mencukupi

Ada dua jenis krisis hipertensi, yaitu :

1. Hipertensi Urgensi

Ciri hipertensi ini adalah tekanan darah yang sangat tinggi (diatas 180/120 mmHg), sakit kepala hebat, mual, muntah, penglihatan kabur, mimisan, cemas berlebihan, dan nafas pendek. Tekanan darah yang sangat tinggi ini bisa diturunkan secara perlahan dalam hitungan jam hingga hari dengan obat oral.

2. Hipertensi Emergensi

Hipertensi emergensi / gawat darurat memiliki gejala yang mengancam hidup penderita. Gejalanya berupa adanya cairan di paru-paru, pembengkakan atau perdarahan otak, sobeknya dinding pembuluh darah, serangan jantung, stroke, atau pre-eklamsia pada ibu hamil. Tekanan darah pada hipertensi gawat darurat meningkat di atas 180/120 mmHg. Bisa juga terjadi, tekanan darah di bawah 180/120 mmHg tetapi disertai gangguan fungsi organ. Untuk menghindari terjadinya, komplikasi menetap, tekanan darah harus sesegera mungkin di turunkan. Caranya dengan memberikan obat oral, obat intravena (suntikan), atau rawat inap.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Darah Tinggi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>